. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) UNTUK
MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS X9 SMA NEGERI 5
SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012.
Tujuan
penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran biologi ditinjau
dari aspek performance guru dalam
kelas, iklim kelas, sikap ilmiah, dan motivasi belajar pada siswa kelas X9 SMA
Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2011/ 2012.
Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam 3 siklus. Tiap
siklus terdiri atas 4 tahapan dasar yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan
refleksi. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket, lembar observasi, dan
wawancara. Validitas data diukur dengan menggunakan teknik triangulasi yaitu
triangulasi metode dan triangulasi observer. Teknik analisis data menggunakan
teknik analisis deskriptif.
Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa berdasarkan lembar observasi rata-rata prosentase capaian
performance guru dalam kelas pada
siklus I sebesar 83,33%, 96,67% pada siklus II, dan 96,67% pada siklus III.
Iklim kelas pada siklus I sebesar 77,34%, 94,53 pada siklus II, dan 96,87 pada
siklus III. Sikap ilmiah pada siklus I sebesar 61,72%, 72,66% pada siklus II,
dan 81,25 pada siklus III. Motivasi belajar pada siklus I sebesar 73,44%,
88,28% pada siklus II, dan 86,72% pada siklus III. Sementara berdasarkan angket,
rata-rata prosentase capaian indikator iklim kelas pada siklus I sebesar
82,62%, 83,54% pada silus II, 81,25% pada siklus III. Sikap ilmiah pada siklus
I sebesar 75,66%, 74,71% pada siklus II, dan 74,95% pada siklus III. Motivasi
belajar pada siklus I sebesar 78,49%, 78,64 pada siklus II, 77,45% pada siklus
III. Hasil wawancara siswa dapat disimpulkan bahwa interaksi antarsiswa dan
siswa dengan guru meningkat dan menjadikan iklim kelas menjadi lebih kondusif
saat pelaksanaan tindakan. Sikap ilmiah terbentuk melalui kegiatan penyelidikan
dan diskusi kelompok dalam memecahkan masalah. Siswa juga termotivasi untuk
belajar dengan pembelajaran berdasarkan masalah, minat terhadap masalah
meningkat, siswa juga merasa pembelajaran selam tindakan merupakan kegiatan
yang menarik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model
pembelajaran Problem Based Instruction
(PBI) dapat meningkatkan kualitas pembelajaran biologi ditinjau dari aspek performance guru dalam kelas, iklim
kelas, sikap ilmiah, dan motivasi belajar pada siswa kelas X9 SMA Negeri 5
Surakarta tahun pelajaran 2011 / 2012.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar